Python merupakan bahasa pemograman yang interpretatif
multiguna. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas,
kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, Python mendukung multi
paradigma pemrograman, python umumnya digunakan sebagai bahasa script
meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks
pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa
script, Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat
lunak dan dapat berjalan di berbagai platform Sistem Operasi.
Saat ini kode python dapat dijalankan di berbagai platform
Sistem Operasi, Beberapa diantaranya adalah :
- Linux/Unix
- Windows
- Mac OS X
- Java Virtual Machine
- OS/2
- Amiga
- Palm
- Symbian (Untuk Produk Nokia)
Sejarah Python
Python dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1990 di
CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemograman ABC. Versi
Terakhir yang di keluarkan CWI adalah "1.2"
Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan
python,Versi terakhir yang di keluarkan adalah "1.6".Tahun
2000 Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan
sebuah perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dikeluarkan
oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim
PythonLabs pindah ke DigitalCreations. Saat ini distribusi Python sudah
mencapai versi 2.6.1 dan versi 3.0.
Fitur Python
Beberapa Fitur yang di miliki oleh Python adalah :
memiliki kepustakaan yang luas; dalam distribusi Python
telah disediakan modul-modul 'siap pakai' untuk berbagai keperluan.
memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari.
memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan
pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber.
berorientasi obyek.
memiliki sistem pengelolaan memori otomatis (garbage
collection, seperti java)
modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul
baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.
memiliki fasilitas pengumpulan sampah otomatis,
seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, python memiliki
fasilitas pengaturan penggunaan ingatan komputer sehingga para pemrogram tidak
perlu melakukan pengaturan ingatan komputer secara langsung.
memiliki banyak faslitas pendukung sehingga mudah dalam
pengoprasiannya.
Contoh Program Coddingan "Menu Operasi Matematika
(Perulangan dan Percabangan) pada Python"
awal='\nSelamat Datang di Program Python\nuntuk beberapa
Operasi Matematika'
akhir='\nTerima kasih telah menggunakan program ini.'
info='\nProgram ini dibuat oleh : \nIndera Gunawan\nNPM : 53410507\nKelas : 1IA15'
menu='\n1. Menghitung Faktorial\n2. Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil\n3. Tabel Perkalian'
garis='\n-------------------------------------------------------'
garis2='\n======================================================='
print garis2,awal
x='y'
y=1
while y>0:
if x=='y':
print garis,menu,garis
p=input('Masukkan pilihan anda : ')
if p==1:
print 'Anda memilih menu Menghitung Faktorial'
f=input('\nMasukkan bilangan yang akan difaktorialkan : ')
a=1
for i in range (f,0,-1):
a*=i
print 'Hasil dari',f,'! =',a,
elif p==2:
print 'Anda memilih menu Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil'
g=input('\nMasukkan sebuah bilangan : ')
if g%2:
print g,'adalah bilangan ganjil'
elif g==0:
print g,'adalah bilangan netral'
else:
print g,'adalah bilangan genap'
elif p==3:
print 'Anda memilih menu Tabel Perkalian'
k=input('\nMasukkan angka perkalian yang diinginkan : ')
b=1
print '\nTabel Perkalian ',k
for j in range (1,11,1):
b=k*j
print k,'x',j,'=',b
else:
print 'Maaf, pilihan yang anda masukkan tidak tersedia.'
elif x=='t':
if x=='t':
break
else:
print '\nMaaf, anda menekan tombol yang salah.\nTekan tombol y atau t saja.'
print garis
x=raw_input('Apakah anda ingin mengulang program ?\nJika ya, tekan y. Jika tidak, tekan t : ')
print garis,akhir,'\n',info,garis2
akhir='\nTerima kasih telah menggunakan program ini.'
info='\nProgram ini dibuat oleh : \nIndera Gunawan\nNPM : 53410507\nKelas : 1IA15'
menu='\n1. Menghitung Faktorial\n2. Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil\n3. Tabel Perkalian'
garis='\n-------------------------------------------------------'
garis2='\n======================================================='
print garis2,awal
x='y'
y=1
while y>0:
if x=='y':
print garis,menu,garis
p=input('Masukkan pilihan anda : ')
if p==1:
print 'Anda memilih menu Menghitung Faktorial'
f=input('\nMasukkan bilangan yang akan difaktorialkan : ')
a=1
for i in range (f,0,-1):
a*=i
print 'Hasil dari',f,'! =',a,
elif p==2:
print 'Anda memilih menu Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil'
g=input('\nMasukkan sebuah bilangan : ')
if g%2:
print g,'adalah bilangan ganjil'
elif g==0:
print g,'adalah bilangan netral'
else:
print g,'adalah bilangan genap'
elif p==3:
print 'Anda memilih menu Tabel Perkalian'
k=input('\nMasukkan angka perkalian yang diinginkan : ')
b=1
print '\nTabel Perkalian ',k
for j in range (1,11,1):
b=k*j
print k,'x',j,'=',b
else:
print 'Maaf, pilihan yang anda masukkan tidak tersedia.'
elif x=='t':
if x=='t':
break
else:
print '\nMaaf, anda menekan tombol yang salah.\nTekan tombol y atau t saja.'
print garis
x=raw_input('Apakah anda ingin mengulang program ?\nJika ya, tekan y. Jika tidak, tekan t : ')
print garis,akhir,'\n',info,garis2
0 komentar
Posting Komentar